NGONTRAS#15, dengan tema Pantang Larang dalam Masyarakat Etnik

[NGONTRAS#15]

Dalam rangka perayaan Bulan Bahasa dan Sastra 2022, Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia Komisariat Jember (HISKI Jember) bekerja sama dengan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Univesitas Jember (FIB UNEJ), Jurnal Semiotika, dan Kelompok Riset OKARA: Bahasa dan Sastra Madura (KeRis OKARA), mempersembahkan:

NGONTRAS#15, dengan tema Pantang Larang dalam Masyarakat Etnik.

Pantang larang dapat juga disebut sebagai pantangan, pamali, atau tabu. Pantang larang merupakan konvensi yang dianut oleh masyarakat etnik agar seseorang atau sekelompok orang tidak melakukan sesuatu melalui ucapan, tindakan, atau perilaku lain. Jika hal itu dilanggar, akan berlaku sanksi sosial, sanksi moral, atau sanksi adat. Dalam berbagai kelompok etnik di Nusantara, seperti Jawa, Bali, atau Madura, banyak pantang larang yang dianut.

Pertanyaan yang kemudian mengemuka, bagaimana asal-muasal munculnya pantang larang? Bagaimana pula kajian kebahasaan memahami makna pantang larang? Benarkah eksistensi pantang larang tergerus oleh perkembangan zaman?

Untuk menjawab serangkaian pertanyaan itu, mari kita simak paparan pakar linguistik yang juga mendalami persoalan pantang larang, dalam Webinar NGONTRAS#15.

Waktu:
Sabtu, 29 Oktober 2022
Pukul: 10.00–12.00 WIB
(Ruang zoom dibuka pukul 09.30 WIB)

Sambutan:
Dr. Agustina Dewi Setyari, S.S., M.Hum.
(Ketua Jurusan Sastra Indonesia FIB UNEJ)

Pembicara:
1. Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A. (FIB Universitas Gadjah Mada)
2. Prof. Dr. Akhmad Sofyan, M.Hum. (FIB Universitas Jember)

Moderator:
Dr. Ali Badrudin, S.S., M.A.
(HISKI Komisariat Jember)

Join Zoom Meeting:
https://bit.ly/NGONTRAS-15
Meeting ID: 826 8686 8226
Passcode: HISKI-15

Grup WA Peserta:
Peserta yang sebelumnya belum masuk Grup WA dimohon untuk masuk agar mendapat informasi NGONTRAS secara berkelanjutan, dengan klik tautan: https://chat.whatsapp.com/DkKwZx1TbCNHqZ5CplBQKg (Grup D NGONTRAS).

Portal HISKI Jember:
Silakan mengunduh secara gratis file buku dan prosiding.
http://hiskijember.fib.unej.ac.id/

Written by